APAKAH PENGUJIAN MADU SECARA MANUAL BISA MEMBUKTIKAN

Madu yang beredar di Indonesia umumnya dihasilkan dari 4 jenis lebah :

  • Apis Dorsata (Lebah Hutan),
  • Apis Mellifera (Lebah Unggul),
  • Apis Cerana (Lebah Lokal),
  • Apis Trigona (Lebah Klanceng).

Kandungan madu asli sangat beraneka ragam tergantung dari sumber nektar dimana lebah memperolehnya. Namun dari manapun nektarnya, madu asli merupakan sumber gizi yang sangat lengkap. Madu asli mengandung vitamin, mineral, protein, zat hidrat arang, hormon, antibiotik dan trace elemen. Madu asli mengandung enzim aktif yang tidak dapat di produksi manusia. Enzim di dalam madu merupakan enzim terbaik yang dapat kita peroleh dari semua makanan yang ada.

Dan untuk membedakan madu asli atau palsu, selama ini banyak masyarakat mengetahui uji madu secara manual untuk membuktikan madu tersebut, dan dengan uji madu secara manual apakah uji tersebut valid dan bisa di pertanggung jawabkan keasliannya?

Ada beberapa contoh uji madu secara manual yang sudah beredar di masyarakat seperti: madu dikerubungi semut, madu dipanaskan dengan menggunakan sendok, madu dikocok dengan air, dll.

Cara uji madu secara manual diatas tidak membuktikan 100% benar  karena yang membedakan madu asli atau palsu hanya dapat di buktikan dengan uji laboratorium.

Kandungan yang ada pada madu yang tidak bisa dipalsukan adalah adanya kandungan Enzim Diastase. Kandungan inilah salah satu yang digunakan acuan SNI untuk menentukan madu itu asli atau tidak. Karena enzim ini hanya bisa dihasilkan dari kelenjar ludah lebah.

Berikut lampiran hasil uji laboratorium madu pramuka.

KONTAK KAMI

Alamat : Komplek Wiladatika Cibubur
Jakarta Timur
Telp : 021 - 8445104
Call Center : 0813 1986 0660
Email : admin@madupramuka.com
Hari : Senin s/d Jum’at (08.00 -16.00) dan Sabtu (08.00 - 13.00)

FOLLOW US

LOKASI KAMI