Komplek Wiladatika, Jambore No.1 Cibubur, DKI Jakarta 13720
(021) 8445104 admin@madupramuka.com

Lebah MaduMadu

Madu sebagai “food suplement” dan obat

Madu adalah salah satu produk yang dihasillkan dari binatang serangga jenis lebah yang telah dikenal masyarakat luas di seluruh dunia sejak ratusan tahun lalu.

Komponen yang terkandung dalam madu dipercaya dan sebagian terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Karenanya tidak aneh kalau kemudian madu oleh sebagian masyarakat dijadikan semacam food suplement. Malah ada pula yang dijadikan semacam obat bagi penyakit tertentu.

Menurut penelitian, komponen yang terkandung dalam madu adalah karbohodrat, asam, asam amino, mineral, enzim, vitamin dan air. Yang paling menonjol diantaranya adalah enzim diastasedan enzim invertase.

Kedua enzim ini sangat berperan dalam peristiwa fermentasi madu, atau fungsi lainnyadari enzim itu untuk menghidropolis karbohidrat, protein dan glikosida yang merupakan turunandari monosakarida. Contohnya adalah glukosa dan fruktosa yang merupakan gula utama dalam madu.

Kandungan gula yang dominan dalam madu itu sebagai sumber energi untuk seluruh sistem jaringan otot dan glukosa disimpan sebagai cadangan dalam bentuk glikogen yang disimpan dalam hati untuk digunakan apabila tubuh membutuhkan.

Selain itu zat kandungan dalam madu berbeda dengan kandungan larutan gula (gula pasir, gula aren dan gula merah) yang sangat besar komponen Sukrosanya yaitu 85% hingga 90%. Demikian pula perlakuan tubuh manusia terhadap madu sangat berbeda dengan larutan gula, dimana gula harus diproses terlebih dahulu oleh enzim pencernaan sebelum diserap oleh tubuh, sedang madu langsung larut sebagai komponen energi yang selalu dibutuhkan.

Resep Madu

Seperti kita ketahui madu lebah merupakan salah satu jenis makanan dan sebagai Food Suplement dan obat. Dalam penggunaannya madu dapat dicampur dengan produk produk makanan lain seperti buah-buahan dan sari buah seperti yang telah menjadi resep obat dari madu.

Pisang dicampur dengan madu dan susu merupakan makanan bayi yang baik, pepaya dicampur madu berkhasiat untuk mengatasi ketidak beresan saluran seni, dan berbagai gangguan jantung, otak, hati, urat,saraf,darah,wasir dan sembelit. Beberapa tetes sari buah pepaya dicampur madu berkhasiat untuk memperlancar air susu ibu, pepaya dicampur susu dan madu, merupakan tonikum yang baik untuk pertubuhan anak, wanita hamil dan menyusui.

Jeruk diperas ditambah madu dapat membantu mengatasi gangguan jantung. Pisang di lumat sampai halus dicampur madu segelas air kelapa muda kemudian disaring dapat menyembuhkan penderita campak dan tuberkolosis, segelas air jeruk ditambah sedikit garam dan satu sendok makan madu, berkhasiat untuk penderita TBC, asma, masuk angin, dan bronchitis.

Segelas penuh sari wortel dicampur satu sendok makan madu dan satu sendok teh sari jeruk nipis dan diminum sebelum makan pagi dapat menanggulangi mual-mual pada wanita hamil, gangguan empedu, radang, lambung, kencing dan letih serta lesu. Air kelapa dicampur sedikit madu berkhasiat meniadakan akibat gairah seks, segelas penuh sari mentimun dicampur satu sendok teh madu dan satu sendok sari jeruk nipis dan diminum dua kali sehari bermanfaat untuk memperlancar buang air kebil (diuretik), keracunan saat hamil dan kencing sedikit karena kurang cairan.